INGATLAH!” Refleksi Catena Legionis [Legio Mariae]

Fratres,

Singkatnya, Legio Mariae terdiri dua kata yaitu Legio dan Mariae. Legio yang berarti tentara atau prajurit, dan Mariae merupakan nama dari Ibu Yesus Kristus sendiri.

Legio Mariae didirikan pada tanggal 7 September 1921 (Pada besoknya merupakan Pesta kelahiran SP Maria), tepatnya pukul 20.00 di Dublin, Irlandia. Pendirinya adalah Francis Michael atau dikenal dengan nama Frank Duff yang merupakan anggota dari Serikat Santo Vincentius (SSV). Mungkin dapat dikatakan bahwa kecintaan Frank Duff yang begitu mendalam kepada Bunda Maria karena terinspirasi dari buku Bakti Sejati kepada Maria, karya St Louis Marie de Montfort.

Keistimewaan dari Legio Mariae adalah adanya ikatan yang tidak terputuskan di antara sesama angggota Legio, tak lain adalah mendaraskan Catena Legionis. Menjadi kewajiban bagi anggota Legio Mariae baik aktif maupun auksilier untuk mendaraskan doa Catena Legionis, agar dalam semangat hidupnya dijiwai oleh cinta dan pengorbanan Bunda Maria. Anggota auksilier bahkan harus mendoakan seluruh rangkaian doa (Tessera) yang di mulai dari permohonan Roh Kudus sampai kepada doa “Mohon Beatifikasi hamba Allah Frank Duff”, tentunya didaraskan setiap hari.

Menjadi sebuah refleksi yang mendalam mengenai isi doa Catena Legionis yang tak lain juga dikenal dengan nama “Magnificat”. Doa pujian Bunda Maria kepada Tuhan yang begitu sederhana namun memiliki kuasa dan makna yang mendalam, terlebih menjadi “obat” pemacu bagi para legionis melakukan karya dan tugas yang sudah diberikan dalam rapat maupun tugas lainnya.

                                                                Altar Legio Maria

CATENA LEGIONIS

Antifona bersama-sama:

Siapakah Puteri itu yang datang sebagai fajar menyingsing kemerah-merahan, indah penaka bulan, gemerlap laksana surya, dahsyat bagaikan balatentara yang siap sedia bertempur?

Siapakah Puteri itu? Ia lahir dari keluarga yang sederhana, taat dan bertakwa kepada Allah. Ia menjadi bait bagi Allah Putera. Ia adalah Bunda Maria.

P : + Aku mengagungkan Tuhan.

INGATLAH! setiap karya dan tugas anggota legio selalu mengagungkan dan memuliakan Tuhan. Apa yang kamu lakukan untuk orang yang hina ini, kamu lakukan untuk AKU (Matius 25:40)

U : Hatiku bersuka ria karena Allah, penyelamatku

INGATLAH! Allah sang penyelamat, telah menyelamatkanmu dari kebinasaan abadi. bagikanlah sukacita itu kepada mereka yang kamu kunjungi.

P : Sebab Ia memperhatikan daku, hamba-Nya yang hina ini.  Mulai sekarang aku disebut yang bahagia oleh sekalian bangsa.

INGATLAH! kamu orang yang berbahagia! bukan karena jasa – jasamu, melainkan kamu membawa Maria Bunda Allah dalam tugas dan karya pewartaan sebagai sarana menghadirkan kerajaan Kristus di dunia ini.

U : Sebab perbuatan besar dikerjakan bagiku oleh Yang Mahakuasa; kuduslah nama-Nya.

INGATLAH! bahwa Allah adalah Maha Kudus, dan Ia menguduskanmu lewat tugas dan karya yang kamu lakukan.

P : Kasih sayang-Nya turun temurun kepada orang yang takwa.

INGATLAH! Ia mengasihi mu bukan karena kamu kaya materi, melainkan kesederhanaan dalam beriman.

U : Perkasalah perbuatan tangan-Nya; dicerai-beraikan-Nya orang yang angkuh hatinya.

INGATLAH! Ia adalah Allah yang perkasa. Ia membenci jikalau melakukan tugas dan karyaNya dengan kesombongan dan keangkuhan. setiap keberhasilan tugasmu adalah karena rahmat Allah.

P : Orang yang berkuasa diturunkan-Nya dari takhta; yang hina-dina diangkat-Nya.

INGATLAH! Bunda Maria menginginkanmu memiliki kepribadian yang rendah hati. kunjungilah mereka! kamu telah membantu Allah dengan mengangkat mereka dalam semangat hidup dan berpengharapan.

U : Orang lapar dikenyangkan-Nya dengan kebaikan; orang kaya diusir-Nya dengan tangan kosong.

INGATLAH! kamu hadir untuk mengenyangkan dan melegakan, bukan memperburuk hidup mereka. kenyangkanlah dengan penghiburan, senyummu, kehadiranmu, dan doakanlah mereka.

P : Menurut janji-Nya kepada leluhur kita, Allah telah menolong Israel, hamba-Nya.

INGATLAH! Allah tidak pernah melupakan janjiNya, dan Ia mencintaimu selalu.

U : Demi kasih sayang-Nya kepada Abraham serta keturunannya untuk selama-lamanya.

INGATLAH! Ia adalah Allah Abraham, dan kamu adalah anak Allah yang hidup! Kamu diangkat menjadi anakNya karena perjanjianNya. Ia mengasihimu selalu!.

P : Kemuliaan kepada Bapa dan Putera dan Roh Kudus.

U : Seperti pada permulaan, sekarang, selalu dan sepanjang segala abad. Amin.

INGATLAH! segala pekerjaanmu, perjalananmu bersama Bunda Maria hanya untuk kemulaan bagi Allah Tritunggal Maha Kudus yang bertahkta di dalam hatimu kini dan sepanjang masa!.

Antifona bersama-sama: 

Siapakah Puteri itu yang datang sebagai fajar menyingsing kemerah-merahan, indah penaka bulan, gemerlap laksana surya, dahsyat bagaikan balatentara yang siap sedia bertempur?

P : Ya Maria Semula Jadi Tak Bercela.

U : Doakanlah kami yang berlindung kepada-mu

MARILAH KITA BERDOA

Yesus Kristus Tuhan kami, Pengantara kami pada Allah Bapa, Engkau telah berkenan memilih Bunda-Mu Perawan yang terpuji, menjadi Bunda dan Pengantara pada-Mu, semoga semua yang memohon kemurahan-Mu, dapat bergembira karena dikabulkan permohonannya berkat perantara Sang Putri. Amin.

—-

Daraskanlah setiap hari doa ini. Ingatlah kamu adalah tentara Maria, berkarya untuk Maria dan dipersembahkan bersama Maria bagi kemuliaan Allah Bapa, Tuhan kita Yesus Kristus.

Referensi sejarah:

https://celina2609.wordpress.com/2013/05/04/sejarah-legio-maria/

One thought on “INGATLAH!” Refleksi Catena Legionis [Legio Mariae]

  1. Ping-balik: 94TH LEGIO MARIAE | Spe Salvi Facti Sumus

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s